Selasa, 01 Januari 2013

2013 Another Year of K-pop Invasion in Indonesia


Tanpa terasa 2012 sudah berlalu dan kita sekarang sudah berada di tahun 2013. Tentu saja tahun 2012 merupakan salah satu tahun yang luar biasa terutama bagi para penggemar K-pop di Indonesia. Lebih dari 10 konser artis K-pop diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Mulai dari showcase dan fan meeting yang diselenggarakan di tempat yang sederhana, hingga konser bersekala besar yang mendatangkan satu manajemen dan menggunakan venue yang sangat besar. Dari yang satu hari, hingga tiga hari berturut-turut.


Deretan konser-konser K-pop di Indonesia sepanjang tahun 2012 diharapkan membuka mata para manajemen artis K-pop di Korea Selatan bahwa Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial untuk didatangi. Dan faktanya hampir semua konser K-pop yang berlangsung tahun lalu berjalan cukup sukses dan mampu menyedot banyak penonton, tidak hanya dari tiket konsernya, tetapi juga dari official merchandise yang dibawa langsung dari Korea Selatan.

Dan sepertinya tahun 2013 ini tampaknya masih akan menjadi tahun dimana artis-artis dari Korea akan meng-invasi Indonesia. Bukan tidak mungkin tahun ini artis-artis K-pop yang datang ke Indonesia akan lebih banyak. Sempat terdengar rumor salah satu manajemen artis telah menandatangani kontrak untuk melakukan berbagai bentuk promosi artis-artisnya ke Indonesia, walaupun sampai sekarang belum terlihat.

Fakta lain invasi K-pop pada tahun 2013 adalah telah dikonfirmasi nya Music Bank World Tour Live in Jakarta yang akan diselenggarakan pada 9 Maret 2013 nanti. Rumor Music Bank Jakarta sudah beredar dikalangan para fans K-pop di Indonesia sejak awal tahun 2012 dan akhirnya terwujud pada awal tahun 2013 ini. Indonesia menjadi negara ke lima yang akan menyelenggarakan Music Bank World Tour ini setelah Jepang, Perancis, Hong Kong dan Chile.

Ini merupakan sebuah permulaan yang bagus untuk membuktikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial. Jika berjalan sukses bukan tidak mungkin stasiun TV lain di Korea seperti SBS, MBC dan Mnet akan menyelenggarakn festival musik besar nya di Indonesia juga seperti yang dilakukan KBS dengan Music Bank World Tour-nya.

Belum lagi konser-konser solo parat artis yang akan berencana mampir ke Indonesia. Dari SM Entertaiment sendiri konser solo yang diselenggakaran di Indonesia baru Super Show 4. Bukan tidak mungkin Super Junior akan kembali menyelenggarakan Super Show nya di Indonesia. Selain itu kita tentu saja ingin melihat solo konser artis-artis SM Entertaiment yang lainnya. Saat ini kemungkinan paling besar adalah TVXQ karena mereka sedang melakukan World Tour nya.

Pada akhirnya kita para fans hanya bisa berharap kepada para promotor agar bisa sukses dan deal dalam mendatangkan artis-artis kesayangan kita, dan yang kita lakukan sebagai fans adalah menabung.




Text by: mufqi

Kirim kritik dan saran di SMTOWN_JKT@yahoo.com. Dan jangan lupa follow twitter kami di @SMTOWN_JKT

1 komentar:

  1. thanks ya,ku beuntung bgt biza masuk blog ini, btw alam kenal ya, ku lagi suka sama bahasa korea nih makannya bikin blog. jangan lupa mampir ya ^^

    BalasHapus