Minggu, 23 Desember 2012

Mengapa Idol bukan Manusia ?

Topik "Mengapa Idol bukan Manusia ?" sudah pernah kami Tweet, tetapi setelah dipikir-pikir nampaknya terlalu sayang jika Topik tersebut berlalu dan menghilang begitu saja, oleh karena itu kami masukan di Blog ini.

         Ada alasannya kenapa mereka disebut Idol, misalnya Kpop Idol. Kenapa ga Korean singer? karena mereka sejak awal memang dikonsep sebagai Idol.Nah Idol itu kodratnya memang bikin penasaran. mereka jadi bikin Standar sendiri biar orang tetap Penasaran, bagaimana Caranya ?



        Pertama, dengan memenuhi standar 'Sempurna' untuk kebanyakan orang. contohnya: kurus, cantik, bisa nyanyi, bisa dance, dan lain-lain, intinya yang bisa membuat banyak orang iri. 
        Kedua, Idol itu sengaja dibuat agar tidak terjangkau. Bikin aturan ketat ini itu, tujuannya biar tetep jauh, biar tetep bikin penasaran. Contohnya saja di Indonesia kalau Artis baru,maunya diberitain terus, sedangkan KPop Idol  ? Jangan harap, Pengen ketemu Rookie aja aturannya SUPER ketat macam Legend. tetapi faktanya bukannya kita sebel malah jadi penasaran, sekeren apa sih mereka sampai segitunya dilindungi secara fisik maupun image-nya?
        Ketiga, mereka dibuat jauh tapi dekat di hati fans. yaitu dengan fanservice. selalu ya SELALU baik sama fans. selalu bikin fans senang. Idol berusaha untuk tidak pernah mengecewakan fans, salah satunya dengan rela tidak punya pacar atau kalaupun pacaran diam-diam,  mau tau alesannya kenapa?
Setelah akhir-akhir ini banyak sekali KPop Idol yang ketahuan menjalin hubungan (pacaran), kebanyakan komentar fans adalah "ga fair! kenapa dia (Idol) punya pacar dan gw nggak!".

        Kalau sudah begitu pantaskah mereka dibilang Manusia ? mereka jelas sebuah produk, sengaja dibuat dengan berbagai cara untuk dicintai fans. Sampai-sampai ada istilah "mengkhianati fans juga kalau Idol nya punya pacar" Pernah berpikir seperti itu ? 
Hal ini sekaligus menjawab kenapa banyak yang tergila-gila dengan salah satu idol grup di Indonesia? kenapa fansnya artis lain yang sama-sama orang Indonesia tidak segila fans idol?
Karena Artis lain yg bukan Idol ketika Kamu ketemu dia di mall, mengaku fans, minta foto, dan tanda tangan juga pasti dikasih, ga bikin penasaran kan? Tetapi untuk Idol mau nonton (Konser) aja antri sampe berjam-jam. bahkan ada yang (katanya) sampe nginep, itu berarti mereka berhasil kan menjual produknya ?

        Jangan lupa (buat fans) dan jangan khawatir (buat haters), produk itu ada expired-nya, pasti suatu saat mereka akan berhenti jadi Idol. Ketika seseorang setuju menjadi Idol, maka mereka harus mengikuti peraturan yang dimiliki tuannya, tau artinya IDOL ? "I = Saya, Doll = Boneka". Rata-Rata Idol itu disukai karena dirinya bukan karena musiknya. Tidak penting lagunya gimana, asal dia yang nyanyi, 100% cocok! setuju / tidak ?

        Kesimpulannya adalah, Konsep Penasaran & Sempurna yang diberikan sang Idol kepada Fans yang membuat mereka & Fans nya berbeda dari yg lain, dan tentu saja tidak perlu berlebihan dalam 'Idoling' karena segala sesuatu yang berlebihan itu tentu saja tidak baik. Setuju atau tidak tetapi inilah Realitanya.


Source Discussion / Article : @annisast

Kirim kritik dan saran di SMTOWN_JKT@yahoo.com. Dan jangan lupa follow twitter kami di @SMTOWN_JKT

3 komentar:

  1. Aku kurang setuju, idol sama artis itu jelas beda, dri segi bakat dll. Kenapa artis tidk terlalu digila2 kan? kembali kepada diri artis tersebut,jika Reputasi mereka menurun mereka harus membuat hal baru. Kalo aku amati rata2 artis banyak tdk mempunyai warna musik, mereka juga harus punya cirikhas,justru ciri khas mereka itu yg bisa membuat fans/penonton menjadi tertarik. Jika Reputasi Artis Tersebut Menurun Cobalah Membuat Hal Baru Seperti Merilis Album/single/mv, Membuat tour konser, Dan berusaha membuat lagu tersebut masuk di chart musik terpandang dll. Seperti salah stu bb korea(tidak menyebutkan nama) mereka mempunyai cirikhas dalam musiknya. Bahkan alarm mobil yang dilihat itu biasa2 sja bisa di aransement kan mnjdi luar biasa jika didengar. Cerdas buka? Kecerdasan juga Bisa Membuat Orang Tersebut(artis/idol) Menjadi sukses. Untuk masalah pacaran, artis buka2 an(?) Mereka berpacaran untuk menjdi bahan pembicaraan.padahal disisi lain ada fans mereka yg sakit hati. Bersenang2 diatas penderitaan orng lain. berarti artis tersebut Belum sadar sepenuhnya bahwa mereka sukses karena fans. Sedangkan idol mereka rela tidak berpacaran karena mereka cinta dengan fans nya, mereka(idol) tidk ingin bersenang2 Diatas penderitaan orang lain. Karna mereka sadar mereka tidak akan sukses tanpa fans. Dan fans tidak akan ada jika idol itu juga tdk ada.idol dan fans saling menghargai.bukan maksudnya artis tidak menghargai fans nya,tu sesuai Dengan artis tersebut ingin bagaimana :) jika artis membuat suasana baru, hal baru, dan hal yg sebelumnya mereka blum prnh lakukan, pasti menjadi heboh, banyak yang ingin bertemu/menggila2 kannya. Idol tidak sepenuhnya mereka itu produk, toh buktinya mereka sayang dan cinta terhadap fans nya, Mereka masih punya perasaan. Dan aku sendiri punya Idol, jika idol ku menyanyikan sebuah lagu belum tentu saya menyukainya, aku mendukung idol ku bukan hanya dri penampilan Tpi dri segi menyanyikan lagu tersebut. Jika lagunya memang tidak enak untuk didengar ya saya Tidak sepenuhnya suka. Tpi saya ttp mendukung idol saya :) karna Saya Juga Termasuk Seorang Fans. Sekian dri pendapat dan saran aku. Mohon maaf jika ada salah2 kata atau kurang berkenan. Terimakasih

    BalasHapus
  2. emang bener tuh min....
    makanya gua juga rada kasian sama IDOL gue...cuman jadi boneka untuk dapetin keuntungan pihak tertentu....
    tapi itulah kenyataannya....
    gak beda sama topeng monyet....monyet yg menghibur...tuannya yg dapet hasil....

    BalasHapus